Bekud

Monday 19 February 2018

PENERJUNAN BEKAL

PENERJUNAN BEKAL DENGAN ALAT PENGENDALI (REMOTE CONTROL)


Perkembangan teknologi telekumunikasi pada saat ini mempengaruhi pola operasi militer pada negara-negara maju sehingga tugas yang dilaksanakan prajurit di medan operasi dapat efektif dan akurat.

Kita ketahui akhir-akhir ini negara Amerika dalam operasi militer di Afganistan lebih banyak menggunakan pesawat tanpa awak (Ummaned Aerial Vehicle) yang dikendalikan dari jarak jauh bahkan sampai ribuan kilometer dapat di kendalikan. Begitu juga dalam pengiriman bekal dari udara untuk kerahasian maka dapat di terjunkan pada ketinggian lebih dari 10.000 ft akan tetapi dapat mendarat tepat pada titik penerjunan yang telah ditentukan. Ada dua cara yang digunakan alat kendali yang di integrasikan dangan GPS serta dengan alat kendali (Remote Control) Yang di kendalikan oleh personil.

Gambar Control Box

Penerjunan bekal dengan menggunakan alat pengendali biasanya digunakan oleh pasukan khusus dengan cara HALO/HAHO (High Altitude Low Opening/High Altitude High Opening), Karena keterbatasan kemampuan parachut udara orang dalam membawa beban maka perlengkapan lain yang tidak dapat di bawa oleh penerjun akan disimpan dalam kontener tersendiri akan diterjunkan bersama-sama personil dengan cara terjun bebas militer.
Untuk proses pengembangan parachut tersebut dapat diatur sesuai yang dikehendaki dengan menggunakan alat elektronika yang diracang untuk membuka dengan berkerja berdasarkan kecepatan jatuh serta ketinggian.

Parachut Udara Barang yang digunakan adalah jenis persegi (Square) Yang biasanya digunakan terjun bebas (Freefall), Besar kecil parachut yang digunakan disesuaikan dengan berat bekal yang akan diterjunkan akan tetapi yang sering digunakan apabila diterjunkan bersana-sama pasukan maka ukuran PUB yang digunakan idealnya sama dengan ukuran PUO yang  digunakan oleh personil. Hal ini agar kecepatan laju parachut udara barang dapat di ikuti oleh personil yang menggunakan PUO.













No comments:

Post a Comment